JalaK Kebo Sangat Digemari


Jalak  kebo adalah burung yang pintar dan digemari banyak orang karena selain berkicau dia bisa juga menirukan suara manusia seperti burung beo, burung jalak ini banyak terdapat di Pulau Jawa, Sumatra, Bali, Sulawesi, dan beberapa kawasan di Asia Timur, jalak kebo bisa menghapal kata-kata dengan baik. Memang tidak sepandai beo, yang bisa merangkai lebih lebih dari dua kata.

Dengan kemampuannya berceloteh, jalak kebo kerap dijadikan sebagai burung rumahan. Tetapi ada juga orang yang memeliharanya untuk dijadikan burung master, atau pengisi suara burung-burung ocehan lainnya. Jalak kebo memang kerap mengikuti atau meniru suara burung lainnya.


Jalak kebo biasa hidup berkelompok dengan jumlah antara 4-6 ekor dan bersuara ribut. Di habitat aslinya, burung ini biasa bersarang di dalam lubang-lubang pohon besar. la juga bisa dijumpai di areal persawahan dan asyik bertengger di atas punggung seekor kerbau yang sedang merumput atau berkubang di lumpur karena burung ini gemar memakan parasit atau kutu-kutu di punggung kerbau. Itulah sebabnya jalak hitam dikenal dengan sebutan jalak kebo.

Jalak kebo gemar memangsa makanan berupa serangga (belalang, ulat, cacing tanah, jangkrik), juga buah-buahan seperti pisang dan pepaya. Sayangnya, kini populasinya di alam bebas memang semakin menipis, terutama di Pulau Jawa.


Ciri-ciri


Jalak kebo mempunyai ukuran tubuh sedang, yaitu antara 20-30 cm.bulu-bulu di sekujur tubuhnya berwarna hitam. Ada sedikit bulu yang berwarna putih, yaitu di ujung kedua sayapnya Paruh dan kakinya berwarna kuning. Matanya tajam dengan lingkaran putih atau kuning di antara bola matanya.

Postur tubuh burung jalak kebo jantan lebih panjang ketimbang betina. Tatapan matanya pun lebih tajam. Berbeda dari kebanyakan jenis burung lainnya, jalak hitam betina juga bisa berkicau sebagaimana pejantan


Perbedaan Jantan dan Betina



Untuk beberapa umumnya, membedakan kelamin burung jalak kerbau jantan dengan betina dapat di lihat dari tampilan burung itu, salah satunya : 
- Burung jantan punya ukuran badan yg semakin besar dari burung betina. 
- Burung jantan punya bentuk kepala yg datar, sedangan betina condong berkepala bulat. 
- Paruh jantan nampak kasar serta lebih tidak tipis, dan paruh betina memiliki ukuran pendek 
- Ekor burung jantan seringkali nampak menyatu dan betina amat sering mekar/mengembang.
- Nada burung jantan cukup kencang serta banyak ragam (cerewet), dan burung betina bersuara lebih dalam serta condong lebih merdu (penuh siulan). 

langkah alternatif yg cukup akurat yakni dengan memandang bentuk kloaka dari burung itu : 
1. Kloaka burung jantan nampak menonjol dengan bentuk seperti kerucut, serta ada sedikit bulu-bulu kecil di lebih kurang kloakanya. 

2. Kloaka burung betina nampak membulat datar dengan bulu-bulu panjang di lebih kurang kloakanya. 
Tersebut langkah bagaimana membedakan burung jalak kerbau jantan dengan betina, baik dengan perhatikan tampilan, nada, atau bentuk kloakanya. 



Popular posts from this blog

Ayam Brazil

Trik Membentuk Tulangan Ayam Lebih Besar Dan Kekar

Warna Bulu Ayam Aduan yang Berkelas